7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Saat memutuskan untuk memulai usaha, salah satu hal yang terlintas adalah bagaimana cara mendapatkan modal usaha. Besar kecilnya modal yang dibutuhkan akan menyesuaikan dengan jenis usaha yang akan dijalankan.

Saat ini mendapatkan modal usaha relatif lebih mudah daripada beberapa tahun lalu. Sehingga kesulitan modal usaha bukan sesuatu hal yang merisaukan.

Berikut tips untuk mendapatkan modal usaha yang diramgkum dari berbagai sumber.

  1. Tabungan Pribadi.

Cara ini merupakan cara paling tradisional yang dikenal  Cara ini paling aman karena tidak terbebani dengan bunga bank. Namun jenis usaha terbatas sesuai  dengan simpanan yang anda miliki.

  1. Jual Aset Pribadi.

Bila Anda memiliki aset seperti properti, kendaraan bermotor, emas atau investasi lain yang menguntungkan, kenapa tidak dijual untuk digunakan sebagai modal usaha? Bila usaha Anda berhasil, Anda bisa membeli aset yang telah dijual tadi dengan yang lebih bagus dan lebih banyak.

  1. Menggadaikan Aset.

Jika anda masih membutuhkan asset anda untuk keperluan operasional, maka anda bisa menggadaikannya untuk mendapatkan modal. Anda bisa menggadaikan rumah atau mobil namun anda masih bisa menggunakan keduanya untuk kegiatan operasiona anda. Tetapi jangan lupa untuk menebusnya kembali karena kalau tidak aset itu akan disita oleh usaha gadai. Padahal harga gadai tidak seberapa dibanding harga aset itu kalau dijual

  1. Pinjam dari teman atau saudara.

Cara lain adalah mencoba mendapatkan pinjaman pada orang-orang dekat Anda misalnya pada teman, saudara, mertua, sepupu dan lain-lain. Pinjaman dari mereka mungkin tidak banyak seperti Anda meminjam di bank, tetapi pinjaman itu biasanya bebas bunga

  1. Pinjam dari bank.

Bank merupakan institusi yang paling sering dituju untuk mendapakan modal.banyak program pinjaman yang diawarkan. Baik itu pinjaman dengan agunan maupun pinjaman tanpa agunan (KTA). Yang perlu dicermati adalah besaran bunga yang harus dibayar. Pinjaman KTA otomatis mempunyai Bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman dengan agunan.

  1. Joint Venture.

Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk membuka usaha bersama dengan patungan modal. Modal usaha secara Joint venture ini juga akan menguntungkan karena modal dan pekerjaan akan dibagi sama rata, termasuk juga membagi kerugian. Namun lakukan perjanjian tertulis soal pembagian hasil antara Anda dan partner kerja untuk menghindari konflik di waktu mendatang.

  1. Angel investor.

Jika ide bisnis anda sangat bagus dan menjanjikan, maka anda bisa menawarkan ide anda ke pada angel investor. Cara lain anda bisa mengikuti lomba yang terkait dengan kewirausahaan yang biasanya pemenangnya mendapat modal kerja hingga miliaran rupiah.

Nah sekarang tunggu apalagi, segera cari modal dan mulai bisnis anda SEKARANG.

Baca juga : Manfaat merencanakan keuangan untuk bisnis anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *