TALKSHOW SUKSES BERSAMA JORDAN PLASTIK "DESAIN KEMASAN"




Hay Hay....Semangat pagi...
Waktunya kami sharing nih mengenai materi “Desain Kemasan” di acara TalkShow kami “SUKSES BERSAMA JORDAN PLASTIK” di Radio Idola Semarang
Sebelum saya mulai, saya infokan dulu nih bintang tamu kami kemarin adalah kak Tri Handoko Ashar dan kak Yiento Sedunia dengan produk terkenalnya yaitu Sambal Sedunia yang kini sudah mendunia. Wwiiihhh keren yaa ?

Oke, inilah materi yang akan kami share untuk kalian semua yang tidak sempat mendengarkan acara kami kemarin. 
Disini kami akan membagikan tips berguna bagi kalian yang sedang memulai usaha baru atau sedang mencari ide untuk kemasan produk yang akan kalian pasarkan.

Desain kemasan sebuah produk merupakan hal penting yang menentukan apakah calon pembeli akan tertarik, mengambil, dan membeli produk kalian. Seperti kita ketahui di supermarket atau warung banyak sekali berjejer produk-produk dengan gaya kemasan yang beragam. Dari sekian banyak produk sejenis yang berbeda model kemasannya, hanya kemasan yang uniklah yang berpotensi tingi menarik perhatian calon pembeli.

Bila kemasan produk yang digunakan menarik, maka konsumen pun tak sungkan untuk melirik produk tersebut dan memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian. Begitu juga sebaliknya, bila kemasan yang kalian gunakan terlihat pasaran dan tidak sesuai dengan target pasar yang di bidik, maka jangankan tertarik membelinya, untuk melihatnya saja konsumen kurang tertarik.

Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas masalah desain kemasan produk yang kebutuhan pertahunnya semakin meningkat dikarenakan meningkatnya pertumbuhan UMKM ditengah masyarakat saat ini.

Seringkali seorang klien datang dalam keadaan bingung dan mendapat jalan buntu, mengenai desain kemasan produk yang akan mereka buat, karena minimnya pengetahuan dan keinginan untuk menonjolkan produk mereka.

Terkadang jika ditanya “ bapak/ibu ingin desain kemasan produk seperti apa ? “

Klien menjawab “apa aja mas yang penting ada bungkusnya” hehe

Hal tersebut tidak salah, namun jika dibandingkan berlarut-larut pada akhirnya produk negeri tercinta indonesia ini tidak dapat bersaing dengan produk-produk pendatang dari luar negeri ataupun dari produsen besar dalam negeri yang notabene sebagian besar adalah orang luar negeri yang mengadu nasib di Indonesia.

Singkatnya desain kemasan produk apapun dibuat semenarik mungkin agar terlihat lebih menonjol diantara produk lain yang serupa sehingga dapat lebih menarik konsumen untuk membeli.
Untuk memancing rasa penasaran konsumen terhadap produk kalian, kali ini akan kami informasikan beberapa tips membuat desain kemasan sebuah produk.

Pertama, sebelum menentukan jenis kemasan yang akan dipakai sebaiknya tentukan terlebih dahulu segmen pasar atau taegrt konsumen yang akan dibidik. Setelah itu, kalian juga harus memperhatikan tempat pemasarannya, misalnya seperti di pasar tradisional, toko oleh-oleh, supermarket, atau yang lainnya. Apabila ingin masuk ke pasar menengah atas dan masuk ke pusat oleh-oleh bisa menggunakan aluminium foil. Untuk aluminium foil bisa dipilih yang fuul foil, dimana isi produk tidak tampak, atau yang kombinasi aluminium foil-vinyl, sehingga isi produk bisa terlihat. Untuk label produk kalian bisa memakai sticker, yang didesain sedemikian rupa agar menarik dan sesuai dengan ciri khas brand kalian. Namun jika pasar yang kalian bidik adalah konsumen menengah kebawah, maka kalian bisa memilih plastik dan kertas daur ulang.

Kedua, kemasan tidak harus mengikuti yang sudah ada. Sebagai pelaku bisnis justru kalian harus bisa menampilkan kemasan baru yang tidak sama dengan pesaing lainnya. Yang penting menarik, sesuai dengan pasar, dan memberikan informasi produk dengan jelas.

Ketiga, yang juga perlu diperhatikan para pelaku usaha yaitu ketersediaan kemasan tersebut dipasar. Jangan sampai kemasan yang sudah dipilih ternyata sulit didapat dipasaran. Karena konsumen tidak akan mudah menerima perubahan kemasan. Bahkan desain kemasanpun dari awal sudah harus disiapkan dengan baik. Desain kemasan yang berubah-ubah cenderung tidak disukai konsumen.

Keempat, meskipun sebagai re-seller, pastikan produk tersebut sudah memiliki P-IRT, bila belum bisa segera mendaftar ke DINKES setempat. Sedangkan untuk merk, sebaiknya segera di daftarkan hak merknya ke Dirjen HAKI melalui Kanwil Kemenkumham Provinsi setempat.

Jadi singkat kesimpulan dari kami yaitu “makin unik....makin menarik”

Buatlah kemasan produk kalian jauh lebih unik dari yang lain namun tetap memenuhi dari segi kekuatan maupun kemudahan informasi yang diberikan, agar memiliki daya jual lebih baik.

Semoga bermanfaat sharing kami hari ini.

Salam Dahsyat,
CV Jordan Plastics










Jordan Plastics

Jl.Industri 18 No.420

Semarang - 50111

 

Telp  : +62(24) 65  833  83

Fax  : +62 (24) 658  13  77

 

Nadia : 085.740.982.294 

    D033F304

Elis  : 0821.3812.0741

  D2676AA8

Email : contact@jordan-plastics.com

website : www.jordan-plastics.com

 


Kunjungan hari ini : 172
Total pengunjung : 62088
Hits hari ini : 172
Total Hits : 174461
Pengunjung Online: 1