Apa itu Bussines Model Canvas dan Value proposition?

Memulai bisnis pada masa kini tidak lagi sesulit beberapa tahun lalu. Kemajuan teknologi dan berbagai peluang yang lahir di dunia bisnis membuat membuka usaha bisa dilakukan kapan saja.

 

Namun sebelum memulai bisnis, kamu memerlukan perencanaan yang baik agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal saat sudah menjalankan bisnis tersebut. Salah satunya adalah menggunakan Business Model Canvas. Tapi apa yang dimaksud dengan hal ini dan mengapa perlu digunakan untuk membangun sebuah startup? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Business Model Canvas

 

Business model canvas adalah sebuah model bisnis yang dibuat dan dirangkai sedemikian rupa agar bisa menghasilkan satu rencana jangka panjang sekaligus melihat apa saja yang perlu dilakukan ketika ingin membangun bisnis.

Dengan kata sederhana, business model canvas adalah business plan. Jadi dengan cara yang pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder ini, maka ada alat visual satu halaman saja yang membuat startup bisa melihat segalanya tanpa perlu membuat dalam berpuluh-puluh halaman.

Di dalam business model canvas ada sembilan area yang dibahas yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Activities, Key Resources, Key Partners dan Cost Structure. Namun saat ini, mari berfokus kepada Value Propositions. Apa itu value propositions?

Value Propositions

 Merupakan salah satu bagian dari business model canvas, value propositions canvas adalah sebuah penjabaran dalam melihat bagaimana menciptakan valueuntuk para konsumen. Value ini salah satunya adalah manfaat. Jadi dengan melihat ini, maka kamu bisa tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan para konsumen ketika menggunakan bisnis kamu nantinya.

 

Nah permasalahannya sering kali ada kesalahan pada value proposition. Spesifikasi produk atau layanan dipakai untuk value proposition. Titik berat dari value adalah bagaimana value tersebut berguna bagi konsumen.

Spesifikasi produk

Value Proposition

Kecepatan mobil hingga 200 kpj. Mobil ini cepat sehingga anda bisa menghemat waktu.
Produk ini terbuat dari Baja tahan karat Produk ini awet.
Produk ini tanpa bahan kimia tambahan Produk ini aman untuk kesehatan anda.
Laptop ini berat cuma 1,5 kg Laptop ini enteng sehingga anda bawanya gampang

Dengan melihat contoh  pada tabel diatas semoga anda bisa membedakan antara spesifikasi produk dengan Value proposition.

Diolah dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *