CARA PEMBUATAN SUSU KEDELAI AGAR TERASA SEGAR




Sebelum kita membahas untuk cara pembuatan susu kedelai agar terasa lebih segar dan lezat, yuk kita perkenalan dulu dengan susu kedelai.

SUSU KEDELAI, MINUMAN BERPROTEIN TINGGI

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh sehat ? saya yakin tidak ada.

Memiliki tubuh yang sehat selalu menjadi dambaan setiap orang. Tubuh yang selalu sehat adalah anugerah illahi yang tak ternilai harganya. Banyak cara dilakukan orang agar badan selalu sehat dan kuat di antaranya dengan selalu berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik, halal, dan menyehatkan. Salah satunya adalah mengkonsumsi susu kedelai.

Selain sebagai minuman tambahan susu kedelai juga dapat mencegah stroke karena mengandung protein yang tinggi.

Bahan- bahan dan Peralatan Pembuatan Susu Kedelai

·         BAHAN BAKU

Pilihlah bahan-bahan baku yang masih dalam kondisi baik, segar, dan tidak cacat atau busuk. Bahan baku yang rusak justru akan mempengaruhi produk akhir susu kedelai sehingga tidak layak diminum.

 

1.    Bahan Baku Utama

Bahan baku utama adalah kedelai putih sebanyak 250 gram. Pilihlah kedelai putih dari jenis Edamame (Jepang) atau yang diimpor dari Amerika, dengan ciri butir-butirannya besar.

 

2.    Bahan Untuk Memberi Aroma dan Rasa Segar

Sebagai bahan untuk memberi rasa dan aroma segar adalah pandan wangi 5 lembar (dengan panjang masing-masing 20 cm), serai 1 ruas (kira-kira 15 cm), jahe gajah 1 ruas (kira-kira 5 cm), dan kayu manis (kira-kita 10 cm).

 

3.    Air Bersih

Air bersih yang diperlukan untuk membuat susu kedelai haruslah air yang mendidih, kira-kira sebanyak 1,5 liter. Bahkan, ada beberapa produsen susu kedelai skala rumah tangga yang menggunakan air mineral yang di rebus dahulu.

 

4.    Bahan Pemanis

Sebagai bahan pemanis dapat digunakan gula pasir, gula batu, atau pemanis sintetis. Sebaiknya menggunakan gula kelapa atau gula merah karena bisa mempengaruhi cita rasa dan warna susu kedelai.

 

·         PERALATAN YANG DIPERLUKAN

Sebaiknya seluruh peralatan dan bahan baku telah dipersiapkan di dalam ruang kerja atau dapaur yang bersih. Semua peralatan harus bersih dari kotoran, debu, karat dan sisa-sisa air yang menempel.

1.    Baskom Ukuran Sedang

2.    Kompor

3.    Panci Ukuran Sedang

4.    Blender dan Talenan Dari Kayu atau Plastik

5.    Penumbuk Dari Kayu

6.    Timbangan dan Gelas Ukuran

7.    Pengaduk Dari Kayu atau Plastik

8.    Kain Bungkus Tepung Terigu, Alat Penyaring, dan Sendok

 

PEMBUATAN SUSU KEDELAI

A.   Perendaman Kedelai

Sebelum direndam, kedelai yang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan susu, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dari segala kotoran dan debu yang menempel. Caranya, kedelai sebanyak 250 gram tersebut cukup dicuci dengan air bersih. Kedelai yang terlah bersih kemudian ditempatkan ke dalam baskom yang telah diberi air. Usahakan seluruh kedelai dapat terendam dengan baik.

Perendaman kedelai dilakukan selama kurang lebih 8-10 jam. Perendaman bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses pelepasan kulit ari. Perendaman sebaiknya dilaksanakan pada malam hari (sekitar pukul 22.00) agar keesokan harinya dapat dilakukan tahapan proses berikutnya. Setelah perendaman, air bekas rendaman bisa dibuang.

B.   Penghilangan Kulit Ari

Setelah direndam selama semalam, kulit ari yang masih membungkus biji kedelai harus dihilangkan. Kulit ari tersebut bisa dihilangkan dengan cara biji kedelai diremas- remas.

Usahakan seluruh kulit ari kedelai dapat terkelupas. Usahakan pula agar kedelai masih dalam kondisi utuh. Biji kedelai yang telah bersih dari kulit ari selanjutnya simasukkan ke dalam baskom yang tidak berisi air untuk selanjutnya dilumatkan dengan blender.

C.   Pelumatan Dengan Blender

Proses selanjutnya kedelai dilumatkan dengan blender. Mula-mula isilah tabung blender dengan kedelai yang sudah terlepas kulit arinya sebanyak 5 sendok makan. Tampahkan air bersih mendidih sebanyak 200 ml atau lebih sedikit. Usahakan seluruh biji kedelai dapat terndam air. Ketinggian air kurang lebih 4 cm diatas permukaan kedelai. Kemudian kedelai diblender kurang lebih selama 15 detik atau hingga kedeli hancur dan menjadi bubur yang kental.

D.   Penyaringan Sari Kedelai

Sari kedelai diperoleh dari hasil penyaringan bubur kedelai. Caranya , tuangkan langsung bubur kedelai dari blender ke dalam kain penyaring. Supaya diperoleh hasil cairan lebih maksimal, kain penyaring yang berisi bubur kedelai itu kemudian diperas dengan kedua tangan hingga sari kedelai cair yang keliuar dapat lebih banyak dan cepat. Begitu seterusnya.

E.   Susu Kedelai

Cairan yang berwarna putih tadi disebut juga dengan susu kedelai. Namun, kondisi susu kedelai tersebut masih setengah jadi dan belum layak untuk diminum karena kemungkinan terkontaminasi bakteri sangatlah besar.

 

PEREBUSAN

A.   Perebusan Pertama

Perebusan tahap pertama ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang bersifat patogen dan menghasilkan susu kedelai yang siap atau layak minum. Selain itu, juga untuk menghilangkan aroma kedelai yang masih langu. Lama pasteurisasi susu kedelai ini kira- kira 3 menit.

Pada tahap ini susu kedelai setengah jadi dipanaskan diatas kompor hingga mencapai cuku 85 derajat Celcius. Sebelum dipanaskan masukkan lima lembar daun pandan wangi yang telah dicuci bersih dan digunting-gunting menjadi lima hingga enam bagian untuk mengurangi bau langu.

B.   Perebusan Kedua

Perebusan tahap kedua bertujuan untuk menambah ramuan bumbu-bumbu pada susu kedelai agar lebih menyegarkan dan sekaliagus untuk mematikan unsur-unsur mikroorganisme yang masih terdapat pada susu kedelai hasil perebusan tahap pertama.

Tahap ini bisa disebut juga dengan perebusan sterilisasi atau merebus kembali hingga mencapai titik didih. Sesudah direbus, api kompor dimatikan sebentar. Tunggulah sampai kira-kira 5 menit. Masukan bumbu-bumbu seperti serai, jahe gajah, sengkih, dan kayu manis untuk menambah aroma. Setelah semua bumbu di masukkan dan di aduk-aduk, api kompor dapat dinyalakan kembali hingga susu kedelai mencapai titik didih. Selanjutnya, segeralah api kompor dimatikan dan saring susu kedelai dengan saringan kawat untuk mengambil bumbu-bumbu yang masih tersisa. Lama sterilisasi ini kira-kira 5 menit.

Setelah itu susu kedelai harus disaring sekali lagi menggunakan kain atau dengan saringan yang berpori-pori halus dari kawat kedalam wadah yang telah disiapkan.

Pemberian bahan pemanis (gula) sebaiknya dilakukan setelah susu kedelai direbus. Sewaktu masih hangat di dalam panci atau dalam suhu kamar antara 25-30 derajat Celcius, tambahkan gula sesuai selera.

C.   Tips membuat susu kedelai

1.    Jangan terlalu encer

2.    Kebersihan harus terjaga

3.    Jangan menggunakan bahan pengawet

4.    Komposisinya harus tepat

 

PENGEMASAN

Bagi Anda yang memang ingin terjun ke bisnis minuman susu kedelai dalam skala rumah tangga, pengemasan yang lazim dilakukandan memang cocok adalah dengan bahan plastik. Berbeda dengan para produsen skala industri yang telah menggunakan bahan pengemasan yang lebih khusus dan mahal.

 

Kemasan botol plastik bisa Anda dapatkan di CV Jordan Plastik.

Jordan Plastik memiliki jenis kemasan botol plastik dan berbagai bentuk dan ukuran serta harganya yang terjangkau.

 

Ingin tahu lebih lengkapnya,yuk cek ke www.jordan-plastics.com.







 

Jordan Plastics (CV Jordan)

Jl.Industri 18 No. 420

Semarang - 50111

 

Telp  : +62(24) 65  833  83

Fax  : +62 (24) 658  13  77

 

 

Elis   : 0857 4098 2294 

Alfian   : 0858 7775 9109  

Eni           : 0821 3812 0741

Vira          : 0812 5223 0022 

Supri        : 0858 2605 2526 

 

 

Email      : marketing.jordanplastics@gmail.com

website   : www.jordan-plastics.com

 

 

 


Kunjungan hari ini : 11
Total pengunjung : 186058
Hits hari ini : 11
Total Hits : 544471
Pengunjung Online: 1