5 Kesalahan Online yang Dilakukan Usaha Kecil Menengah (UKM)




Banyak pebisnis online yang kerap melakukan kesalahan dalam menjalankan usahanya. Namun, sebagian besar kurang menyadari bahwa mereka melakukan kesalahan dan kurang memperhatikannya. Padahal ada beberapa hal penting yang sebenarnya bisa membantu bisnis mereka jika diperhatikan dengan benar.

Satu kesalahan yang harus dihindari pebisnis saat ini adalah mengabaikan online presence mereka. Apalagi berdasarkan survei terkini dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), 5 dari 10 orang konsumen di Indonesia menggunakan internet dalam mencari produk dan jasa lokal untuk dibeli. Berikut ini adalah beberapa kesalahan online yang dilakukan UKM serta tips dalam membantu memastikan agar bisnis Anda tetap berada di jalur yang tepat.

1. Menggunakan alamat page media sosial sebagai alamat web utama Anda

Dari total 256.2 juta orang pengguna internet di Indonesia, sekitar 97.4% pengguna menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Sehingga bagi banyak UKM, media sosial merupakan kunci untuk mengembangkan bisnis mereka. Tapi bagaimana cara terbaik agar bisnis Anda bisa ditemukan di media sosial? Salah satu cara yang paling mudah untuk memastikan pelanggan dapat menemukan dimana bisnis Anda berada adalah dengan mendaftarkan nama domain dan mengarahkannya ke laman media sosial Anda.

Hal ini disebut dengan domain forwarding, dimana cara kerjanya sama seperti mail forwarding. Caranya, Anda tinggal membuat pengaturan yang akan mengarahkan secara otomatis pengunjung nama domain Anda ke page Facebook, LinkedIn, atau platform media sosial lainnya sebagai pusat komunikasi bisnis Anda atau e-commerce hub. Pengaturan domain forwarding sangat mudah, dengan bantuan registrar nama domain Anda, pengaturan hanya akan memakan waktu sekitar lima menit.

Nama domain juga ideal untuk branding perusahaan dengan menyediakan alamat web yang berkesan sebagai bagian dari pemasaran Anda. Sehingga ketika siap untuk membuat website, Anda tidak perlu lagi untuk mengganti nama alamat web yang telah diketahui dan digunakan oleh pelanggan.

2. Menggunakan provider email gratis sebagai alamat email perusahaan Anda

Nama domain lebih dari sekedar alamat bagi website Anda – nama domain dapat mewakili setiap aspek dari identitas online bisnis Anda, termasuk saat Anda melakukan komunikasi bisnis. Selain alamat web, Anda dapat menggunakan nama domain untuk membuat alamat email khusus bagi bisnis Anda. Sebagai contoh, menurut Anda alamat email mana yang terlihat lebih terpercaya bagi pelanggan: admin@emailgratisan.com atau admin@belanjapintar.com? Jawabannya jelas yang terakhir, terutama jika nama domain Anda sudah banyak dikenal karena banyak pengunjung diarahkan ke website belanjapintar.com. Dengan demikian Anda akan terlihat lebih terpercaya dibanding hanya menggunakan akun email gratis tanpa branding bisnis Anda.

Selain itu, banyak penipuan melalui email dan phishing terjadi sehingga konsumen pun memilih untuk berbisnis dengan perusahaan yang dapat dipercaya. Intinya: alamat email yang mewakilkan perusahaan dan brand Anda sangat penting dalam membangun kepercayaan dengan pelanggan.

3. Menunda membangun sebuah website

Tidak dapat dipungkiri bahwa website menjadi sangat penting dalam era digital saat ini. Dengan banyaknya pembuat website gratis seperti Wix.com dan Weebly, para pebisnis memiliki pilihan yang mudah dan ekonomis untuk membuat situs online mereka. Platform ini diperuntukkan bagi pengguna non-teknis, alat-alat baru ini menyediakan template yang mudah digunakkan untuk mengarahkan Anda ke website baru. Beberapa fitur gratis yang termasuk dalam paket seperti shopping cart, formulir online, blog, social sharing link, pemutar video dan audio, search engine optimization, mobile device optimization, situs pelaporan, bantuan untuk pelanggan, dan masih banyak lagi.

Kuncinya adalah memulai dari yang kecil. Buatlah beberapa halaman kemudian kembangkan dari situ. Pastikan Anda melakukan penelitian dan memilih pembuat website yang cocok dengan kebutuhan Anda, serta yang dapat mengimbangi perkembangan bisnis Anda.

4. Membangun sebuah website dan kemudian melupakannya

Website merupakan pusat hub dari kehadiran kehadiran online atau online presence Anda. Tetapi tidak akan ada orang yang melihat website Anda jika Anda tidak secara aktif memasarkan bisnis Anda secara online. Anda dapat membangun traffic ke website dan mendapatkan pelanggan dengan berbagai cara, termasuk:

Pemasaran melalui media sosial: Promosikan bisnis, produk dan layanan Anda pada media sosial, serta arahkan pelanggan Anda ke website untuk informasi lebih lanjut.

Pemasaran melalui email: Gunakan email perusahaan Anda dan kirimkan informasi mengenai berita dan penjualan khusus kepada pelanggan. Sertai link untuk menuju website agar pelanggan dapat mengetahui lebih lanjut tentang brand Anda.

Search Engine Marketing (SEM): Dikenal juga dengan pencarian berbayar, SEM memungkinkan Anda mempromosikan website bisnis Anda pada bagian iklan berbayar hasil pencarian search engine.

Salah satu cara terbaik untuk mengarahkan pelanggan pada website dan membuat mereka kembali adalah dengan membuat konten berkualitas tinggi yang menarik dan bernilai bagi pelanggan. Konsumen akan selalu mencari infomasi yang orisinil dan terpercaya pada situs online. Oleh karena itu, tetaplah konsisten terhadap apa yang Anda ketahui.

Tambahkan konten yang menarik pada website secara teratur untuk meningkatkan peringkat website Anda di search engine (mesin pencari). Untuk lebih fokus pada konten, mulailah membuat blog pada website Anda. Ini adalah cara cepat dan ekonomis untuk memperkuat konten Anda. Untuk setiap blog, fokus pada satu topik kemudian tulis satu sampai tiga paragraf agar mudah dibaca pelanggan dan juga lebih bisa diatur proses produksinya.

5. Tidak mempertimbangkan strategi nama domain dalam pemasaran Anda

Ingatlah bahwa nama domain lebih dari sekedar alamat web atau email – Anda dapat menggunakannya untuk pemasaran. Bahkan, penggunaan nama domain adalah salah satu taktik yang berhasil digunakan merek besar dewasa ini dan dapat diterapkan dengan mudah untuk mendorong merek Anda.

Perusahaan besar mendaftarkan lebih dari satu alamat web untuk banyak alasan. Misalnya, Anda dapat mendaftarkan nama domain yang berbeda untuk kampanye pemasaran dan meneruskannya ke halaman situs web yang ada untuk mendukung kampanye tersebut. Domain forwarding juga dapat digunakan untuk membantu pelanggan menemukan bisnis Anda. Misalnya, jika nama domain Anda adalah rumahcantik.com, Anda dapat mendaftarkan nama domain dengan lokasi geografis yang spesifik (misalnya rumahcantikjakarta.com atau sorot spesialisasi atau area bisnis yang kemungkinan dicari oleh pelanggan potensial, seperti misalnya bakpiajogja.com).

Menggunakan kata kunci seperti ini dapat membuat perbedaan. Bahkan, belum lama ini penelitian dari Verisign mengungkapkan bahwa dalam pencarian, para pengguna internet hampir dua kali lebih mungkin mengklik nama domain yang setidaknya mencakup salah satu kata kunci dalam pencarian mereka, dibandingkan dengan nama domain yang tidak termasuk dalam pencarian mereka.

Sementara itu, ada banyak variabel yang menentukan apakah laman Anda masuk ke dalam peringkat pencarian. Antara lain seperti kualitas konten, cross-linking, bujet iklan, peningkatan kecepatan website, dan sebagainya. Strategi cerdas untuk memastikan situs Anda masuk ke dalam peringkat pencarian adalah dengan memiliki portofolio deskriptif serta nama domain dengan kata kunci yang kaya sehingga memberikan peluang bagus bagi pebisnis agar calon pelanggan mengklik situs web mereka.

 







 

Jordan Plastics (CV Jordan)

Jl.Industri 18 No. 420

Semarang - 50111

 

Telp  : +62(24) 65  833  83

Fax  : +62 (24) 658  13  77

 

 

Elis   : 0857 4098 2294 

Alfian   : 0858 7775 9109  

Eni           : 0821 3812 0741

Vira          : 0812 5223 0022 

Supri        : 0858 2605 2526 

 

 

Email      : marketing.jordanplastics@gmail.com

website   : www.jordan-plastics.com

 

 

 


Kunjungan hari ini : 9
Total pengunjung : 186058
Hits hari ini : 9
Total Hits : 544469
Pengunjung Online: 1